Jenis Financial Technology yang Berkembang di Indonesia

Anda tentu sudah familiar dengan istilah Fintech, bukan? Ya, Fintech atau financial technology merupakan sebuah inovasi di bidang keuangan yang cukup menarik dan masif. Pasalnya, inovasi ini memanfaatkan teknologi digital sebagai media transaksi. Tentu saja, dengan penggunaan media ini, proses transaksi nantinya bisa berjalan dengan lancar dan lebih cepat.



Berbincang tentang Fintech, bisa dikatakan bahwa perkembangannya cukup masif di Indonesia. Bahkan, Fintech perlahan menjadi pilihan alternatif yang banyak digunakan bagi seseorang yang ingin mendapatkan bantuan perihal pendanaan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang apa itu Fintech dan beragam jenis Fintech yang ada dan berkembang di Indonesia hingga saat ini. Penasaran? Simak ulasannya!

Sekilas Tentang Fintech

Fintech atau financial technology adalah pembaruan dan inovasi di bidang keuangan. Seiring dengan perkembangan dunia digital yang semakin masif, masalah finansial pun kini mulai merambah dunia digital.

Nah, Fintech mengubah gaya transaksi konvensional menjadi serba digital. Dengan penggunaan teknologi tersebut, nantinya transaksi bisa dilakukan dengan lebih praktis, mudah dan juga lebih efektif untuk menghemat waktu.

Ragam Jenis Fintech yang Berkembang di Indonesia

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada beberapa jenis Fintech yang sedang berkembang dengan cukup masif di Indonesia. Tentu, Anda perlu mengetahui beberapa jenis Fintech tersebut agar nantinya bisa memanfaatkannya dengan baik untuk dukungan finansial yang diperlukan.

Adapun beberapa jenis Fintech yang berkembang di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Crowdfunding

Salah satu jenis Fintech yang berkembang di Indonesia adalah crowdfunding. Apa yang dimaksud dengan crowdfunding adalah penggalangan dana yang dilakukan secara online.

Ada cukup banyak platform yang tersedia dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan crowdfunding. Umumnya, kegiatan ini dilakukan untuk menggalang dana guna kepentingan sosial.

2)      Microfinancing

Microfinancing merupakan sebuah layanan Fintech yang hadir dan menyediakan layanan keuangan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah untuk memberikan bantuan finansial bagi mereka. Masyarakat yang memiliki kesulitan untuk mengakses pinjaman ke bank bisa memanfaatkan microfinancing ini.

Bisa dikatakan jika microfinancing berperan sebagai jembatan yang akan mengatasi masalah terkait kebutuhan pendanaan. Apa yang menarik dari jenis Fintech ini selain kemudahan dalam penggunaannya adalah return yang kompetitif yang menguntungkan kedua belah pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut.

3)      Digital payment system

Jenis Fintech lain yang berkembang di Indonesia adalah digital payment system atau sistem pembayaran digital. Hadirnya digital payment system tentu sangat menarik karena akan memberikan beragam kemudahan terkait pembayaran tagihan.

Layanan ini bisa diandalkan untuk melakukan pembayaran semua jenis tagihan, seperti pulsa, kartu kredit, listrik, PDAM dan lainnya. Adanya digital payment system tentu akan memudahkan masyarakat di mana mereka tidak perlu pergi ke kantor untuk melakukan pembayaran tersebut.

4)      e-Aggregator

Berbeda dengan jenis Fintech lain yang umumnya berkaitan dengan transaksi dan pinjaman, e-Aggregator adalah jenis Fintech yang berperan sebagai platform untuk mencari informasi.

Dengan menggunakan e-Aggregator ini, nantinya masyarakat bisa mendapatkan informasi yang lengkap terkait produk finansial yang tersedia. Tentu, adanya informasi tersebut bisa dijadikan pertimbangan agar mereka mendapatkan produk finansial yang tepat sesuai keinginan dan juga kemampuan mereka.

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam Fintech yang ada dan berkembang di Indonesia saat ini. Adanya beberapa jenis Fintech tentu nantinya akan memberikan semacam kemudahan bagi para masyarakat Indonesia untuk mendapatkan bantuan keuangan secara digital dengan syarat dan proses yang mudah dan bisa diakses secara langsung melalui smartphone.

Sebagai tambahan, ada salah satu jenis Fintech yang juga berkembang di Indonesia, yaitu P2P lending. Jenis Fintech cukup unik karena akan menyediakan platform untuk mempertemukan kreditur dan debitur untuk melakukan transaksi pinjaman.

Demikian beberapa ulasan tentang beragam Fintech yang ada di Indonesia. Anda tentu perlu mempertimbangkan ragam jenis Fintech Lending Indonesia tersebut sebelum memutuskan untuk melakukan tindakan, termasuk mencari pinjaman. Selain itu, pastikan pula jika Anda berurusan dengan pihak yang legal dan aman agar tidak terjadi risiko penipuan.

Deskripsi: financial technology menjadi sebuah inovasi yang sangat menarik. Saat ini, ada beberapa jenis Fintech yang berkembang di Indonesia dan bisa dimanfaatkan.

Post a Comment

0 Comments